html

Belajar HTML Bagian 5 : Tag Title dan Tag Meta

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah belajar mengenai perbedaan tag dan atribut. Jika kamu belum sempat membacanya, kamu bisa mengunjungi link berikut Belajar HTML Bagian 4 : Perbedaan Tag dan Atribut.

Nah pada kesempatan kali ini ngodeinweb akan membahas mengenai tag yang berada pada bagian HTML head atau disebut sebagai head element, yaitu tag title dan tag meta.

Saya berasumsi bahwa kamu sudah mengerti tentang bagian-bagian HTML atau struktur dasar dari HTML, yaitu bagian head, bagian body, dan bagian footer.

Jika kamu belum memahaminya, alangkah baiknya kamu mempelajarinya terlebih dahulu. Agar kamu semakin mudah memahami pembahasan kali ini. 🙂

 

Baca juga : Belajar HTML Bagian 3 : Struktur Dasar HTML

 

Di bagian head HTML terdapat beberapa tag, namun dalam pembahsan kali ini kita hanya akan membahas tag title dan tag meta.

 

Tag Title

Tag <title> biasanya digunakan untuk membuat judul yang akan tampil di bagian atas web browser atau dibagian tab web browser.  Hasil yang ditampilkan sebuah mesin pencari (search engine) pun biasanya menggunakan nilai dari tag ini.

Perhatikan contoh code HTML berikut:

Lalu bagian mana yang disebut tag title?

Inilah yang disebut sebagai tag <title>. Kamu bisa mengubah nilai dari tag ini sesuai keinginanmu, namun sebaiknya tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.

Isi atau nilai dari tag title ini biasanya juga yang akan ditampilkan pasa saat kamu membagikan sebuah post atau artikel ke media lain, seperti facebook, twitter, google+, dan lain sebagainya.

Jika kita menjalankan tau menampilkan code HTML tersebut di web browser, maka kurang lebih akan tampil seperti ini.

tag title

Bagian yang saya tandai atau saya tunjuk menggunakan anak panah warna merah adalah hasil yang ditampilkan dari tag title.

 

Tag Meta

Tag <meta> berfungsi sebagai pemberi informasi kepada web browser maupun robot mengenai halaman yang sedang dimuat atau ditampilkan. Sehingga efek dari tag ini tidak akan dirasakan langsung oleh pengunjung.

Tag <meta> dapat diisi dengan berbagai macam atribut dan nilai atribut, namun umumnya nilai dari tag <meta> adalah charset=”utf-8″.

Perhatikan contoh code HTML berikut:

Bagian inilah yang disebut sebagai tag meta.

Apa maksud dari charset=”utf-8″ ?

Charset adalah atribut dan utf-8 adalah nilai atributnya. Charset=”utf-8″ ini berfungsi sebagai pemberi informasi kepada web browser maupun search engine bahwa pengkodean karakter halaman tersebut menggunakan utf-8.

Isi dari tag <meta> ini tidak hanya charset=”utf-8″, namun masih banyak atribut dan nilai atribut yang bisa kamu tambahkan. Kamu bisa mempelajarinya di situs resminya, yaitu w3schools.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hasil dari tag <meta> ini tidak akan berpengaruh langsung kepada pengunjung. Tag ini hanya ditunjukan untuk web browser maupun robot search engine.

 

Sekian untuk tutorial belajar tag title dan tag meta kali ini. Jika ada pertanyaan maupun saran, silahkan menghubungi kami melalui sosial media, comment, maupun email ke [email protected] 🙂

Lanjut ke tutorial Belajar HTML bagian 6 : Tag Link dan Tag Script.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *