html

Belajar HTML Bagian 7 : Tag Heading dan Tag Paragraf

Tag Heading dan Tag Paragraf – Pada tutorial sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai fungsi dari tag link dan tag script. Jika kamu belum sempat membacanya, kamu bisa membacanya di Belajar HTML Bagian 6 : Tag link dan Tag Script.

Kali ini kita akan mempelajari tag yang mungkin akan sering digunakan, disepanjang pembuatan atau penulisan kode program HTML.

Tag yang dimaksud adalah tag heading dan tag paragraf. Tag ini akan sering kamu gunakan disepanjang penulisan kode program, apalagi jika kamu seorang blogger maupun content writer.

Mungkin sekarang para blogger sudah dimanjakan dan sudah dimudahkan dengan adanya CMS (Content Manajement System). Dengan CMS ini kamu tidak perlu lagi menulis kode HTML secara manual, cukup menulis seperti di Microsoft Word (bagi pengguna Windows) dan artikel yang kamu buat pun siap untuk di publish.

 

Baca juga : Tutorial CMS WordPress

 

Namun tidak ada salahnya jika kita juga mempelajari kode HTML secara manual, agar kita tidak terpaku dengan apa yang sudah disediakan oleh CMS (Content Manajament System).

Yang akan kita pelajari pertama adalah tag heading.

 

Tag Heading

Tag heading biasanya digunakan untuk membuat judul dari sebuah tulisan maupun artikel. Saat pertama kali kamu membaca artikel ini, pasti kamu menemukan sebuah text yang berukuran besar dan tebal. Nah itulah yang dinamakan dengan heading alias judul.

Tag heading memiliki beberapa ukuran. Dimulai dari h1 sampai dengan h6 ( <h1> sampai <h6> ). Semakin besar nilai yang diberikan, maka akan semakin kecil heading yang dihasilkan.

Misalnya kamu ingin membuat sebuah judul dengan menggunakan tag <h1>, maka judul yang dihasilkan akan berukuran besar.

Dan sebaliknya, jika kamu menggunkan tag <h6>, maka judul yang dihasilkan akan berukuran kecil.

Untuk membuat heading kamu cukup menambahkan text diantara tag <h1> dan </h1>.

Perhatikan contoh berikut :

Hasil yang ditampilkan :

Tag Heading dan Tag Paragraf

 

Tag heading ini merupakan jenis tag yang berpasangan, sehingga di akhir penulisan heading harus disertakan juga dengan tag penutupnya.

 

Baca juga : Perbedaan Tag dan Atribut

 

Yang akan kita pelajari berikutnya adalah tag paragraf.

Tag Paragraf

Tag <p> (paragraf) biasanya digunakan untuk membuat sebuah paragraf, baris kata, maupun tulisan. Tag paragraf ini akan sering kamu gunakan untuk membuat konten sebuah website.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menuliskan maupun mengisi dengan text diantara tag <p> dan </p>.

Perhatikan contoh berikut:

Hasil yang ditampilkan:

paragraf

 

Lalu bagaimana cara membuat efek tulisan tebal atau miring?

Untuk membuat efek tulisan tebal kamu bisa menggunakan tag <b> (bold). Namun tag ini ( tag <b> ) sudah bersetatus deprecated alias sudah usang atau kadaluwarsa. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan tag <strong>.

Lalu untuk membuat efek tulisan miring kamu bisa menggunakan tag <i> (italic). Namun seperti halnya tag <b>, tag <i> juga sudah bersetatus deprecated atau sudah usang. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan tag <em> untuk membuat efek tulisan miring.

Tag <strong> dan tag <em> merupakan inline level element, sehingga penulisannya biasanya di dalam tag lain ( tag paragraf).

Perhatikan contoh berikut :

Perhatikan baris kode ke 8 dan 11:

Hasil tampilan :

bold-italic

 

Sekian untuk tutorial belajar HTML bagian 7 kali ini. Jika ada pertanyaan mengenai tag heading dan tag paragraf, silahkan untuk menghubungi kami melalui sosial media, comment, maupun email ke [email protected]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *