tutorial css

Selector , Property dan Value CSS

Tutorial Belajar CSS Bagian 3: Selector , Property dan Value CSS

Setelah pada tutorial sebelumnya kita sudah mempelajari cara menginputkan kode css ke html, maka kali ini kita akan belajar selector , property dan value css.

 

Selector CSS

Fungsi utama dari CSS adalah untuk memanipulasi tag – tag (body, p, a, dan lain-lain) pada halaman html, maka dari itu CSS membutuhkan cara untuk terhubung dengan tag – tag tersebut. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan selector. Seperti namanya ‘ selector ‘ yang bermakna menyeleksi, berfungsi untuk mencari tag – tag pada sebuah halaman html yang ingin di manipulasi.

Misalnya saya ingin memanipulasi seluruh text di dalam sebuah tag p agar terlihat besar. Maka dalam kode CSS saya menggunakan selector p untuk memanipulasinya.

Selain selector menggunakan tag html, kita juga bisa menggunakan nilai dari atribut id dan class html sebagai selector.

 

Property CSS

Property CSS adalah style yang ingin diberikan, atau hal apa yang ingin kita ubah dari sebuah tag html. Misalnya pada contoh di atas saya ingin mengubah text di dalam tag p agar memiliki ukuran yang besar, maka saya menggunakan property font-size untuk memanipulasinya.

CSS sendiri telah menyediakan berbagai macam property yang dapat kita gunakan untuk memanipulasi tag – tag html, Seperti font-size, color, background-color, border, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai property CSS, kamu bisa melihat daftar lengkap CSS Properties Reference.

 

Value CSS

Value CSS adalah nilai dari property css. Misalnya pada property font-size di atas saya memberikan value / nilai sebesar 20px (pixel). 2opx inilah yang disebut sebagai value css.

Value css didak terbatas hanya pada satuan angka, namun juga dapat berisi text. Misalnya blue, white, left dan lain sebagainya. Sehingga value css adalah seluruh nilai yang melekat pada property css.

 

Perhatikan gambar berikut untuk lebih memahami Selector , Property dan Value CSS

selector-property-dan-value-css

 

Selector , Property dan Value CSS ini akan sangat sering kita pakai dalam belajar CSS. Maka dari itu penting untuk memahami konsep pelector , property dan value ccs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *