wordpress

5 Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress

5 Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress – WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan untuk membuat blog pribadi maupun website.

WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan saat ini. Mengapa demikian? Karena WordPress sangat mudah digunakan bahkan bagi seorang yang awam dengan website dan salah satu kelebihan utama dari WordPress adalah tersedianya banyak plugin (tools tambahan), yang dapat kamu tambahkan ke dalam blog maupun website yang kamu buat.

Ada beberapa plugin wajib WordPress untuk dipasang di website, beberapa diantaranya akan kami bahas pada artikel ini.

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah Anda tidak perlu menguasai coding ketika ingin menambahkan fitur tertentu pada website.

Anda hanya perlu melakukan instalasi atau pemasangan plugin yang sesuai dengan kebutuhan website. Contohnya ketika Anda ingin menambahkan fitur cek ongkir, anda hanya perlu memasang widget atau plugin yang sudah tersedia di wordpress.

Sehingga dapat disimpulan bahwa plugin WordPress memiliki fungsi untuk menambahkan fitur baru pada website WordPress dengan mudah.

 

Berikut 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress :

1.Plugin Akismet Anti Spam

 

Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress

Akismet adalah sebuah plugin yang tersedia untuk wordpress. Dimana plugin ini berfungsi untuk memfilter komentar – komentar yang masuk ke website.

Plugin ini dapat membedakan komentar apakah asli dari pengunjung atau komentar yang berasal dari robot atau lebih dikenal sebagai komentar spam. Jadi plugin ini wajib Anda pasang pada website wordpress Anda, dengan begitu website Anda akan terlindungi dari komentar spam yang dapat menurunkan kualitas website Anda.

 

Baca Juga : Cara Pemasangan Plugin Akismet di WordPress

 

2. Plugin SEO (Yoast SEO)

 

Plugin Yang Wajib Dipasang Di WordPress

Mesin pencarian seperti Google, Bing dan lainnya merupakan sumber utama pengunjung  website yang Anda buat, sehingga persaingan di mesin pencari pun sangat ketat.

Oleh karena itu pastikan Anda dapat mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pringkat di mesin pencari, misalnya traffic, kualitas konten, indexing, dan lain sebagainya.

Salah satu plugin yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mengoptimalkan peringkat website Anda adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO.

Yoast SEO memiliki pengguna yang cukup banyak jika dibandingkan dengan plugin SEO lainnya.  Plugin ini menawarkan fitur dan pilihan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi website Anda. Plugin ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar.

Tentunya banyak perbedaan antara kedua versi tersebut. Plugin Yoast SEO memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari optimasi konten, website, media sosial, dan lain sebagainya.

 

3. Autoptimize

 

Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress

Plugin Autoptimize merupakan salah satu plugin yang berfungsi untuk mengkompress atau memperkecil ukuran dari sebuah file website. Cara kerja file ini adalah dengan menghilangkan spaci dan komentar – komentar yang ada pada kode program website serta mengkompressnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

Sehingga website Anda akan menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan sebelum Anda memasang plugin Autoptimize.

 

4. AddThis

 

Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress

Salah satu plugin sosial media yang dapat Anda gunakan di webiste adalah plugin AddThis. Plugin ini memiliki fitur yang cukup menarik. Terdapat lebih dari 200 jenis sosial media untuk membagikan konten, seperti Facebook Share, Facebook Like, Twitter, Google+ dll.

Tombol yang disediakan oleh plugin ini juga terbilang cukup sederhana, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kecepatan website.

 

5. Contact Form 7

 

Plugin Terbaik Yang Wajib Dipasang Di WordPress

Jika Anda ingin membuat sebuah kontak form pada website, Anda dapat memanfaatkan plugin ini. Contact Form 7 dapat Anda gunakan untuk mengelola lebih dari satu form kontak. Anda dapat melakukan penyesuaian pengaturan tampilan dan menambah fitur seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file dan lain sebagainya.

 

Nah itulah beberapa plugin yang kami rekomendasikan untuk Anda install pada website berbasis wordpress milik Anda. Semoga bermanfaat 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *