komentar spam

Cara Mengatasi Komentar Spam di WordPress Terbaru

Cara Mengatasi Komentar Spam di WordPress – Seperti yang kita tau bahwa wordpress adalah salah satu CMS (Content Manajement System) yang paling banyak digunakan saat ini.

Kemudahan dalam penggunaan serta fiturnya yang melimpah membuat banyak pengunanya yang semakin bertambah banyak.

Secara default wordpress mengizinkan para pengunjung blog maupun website untuk meninggalkan komentar di akhir postingan atau artikel.

 

Baca juga : Cara Daftar dan Verifikasi Situs di Bing Webmaster

 

Namun seringkali komentar pada wordpress dimanfaatkan untuk menyebarkan komentar yang berisi spam, misalnya komentar yang digunakan untuk menawarkan jasa, komentar yang digunakan untuk menawarkan barang, dan yang paling sering adalah memanfaatkan komentar untuk back link dengan cara menyisipkan link yang menuju ke website spammer di kolom komentar.

Para spammer tidak hanya mengincar website yang sudah populer namun webiste yang masih barupun juga dijadikan sebagai target komentar spam.

Jika komentar spam hanya berjumlah satu atau dua mungkin kita masih bisa mengatasinya secara manual, namun bagaimana jika komentar spam tersebut berjumlah puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan. Tentunya kita membutuhkan sebuah alat yang dapat mencegah komentar spam tersebut.

Ada beberapa cara untuk dapat mencegah komentar spam. Salah satu yang paling ampuh adalah dengan menggunakan plugin.

Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh wordpress, yaitu tersedianya banyak plugin yang dapat memudahkan para pemilik website.

Nah salah satu plugin yang dapat kita gunakan untuk mengatasi komentar spam adalah plugin Akismet Anti-spam. Untuk wordpress versi terbaru plugin ini sudah terbundle dengan wordpress. Sehingga kita tinggal mengaktifkannya saja.

 

Langkah – langkah

1. Aktifkan terlebih dahulu plugin Akismet melalui menu Plugin > Installed Plugin >  Akismet. Silahkan klik activate.

Cara Mengatasi Komentar Spam di WordPress

Jika di wordpress yang kamu miliki belum terinstall plugin akismet, silahkan untuk menginstallnya terlebih dahulu, melalui Plugin > Add New > kemudian cari plugin Akismet melalui kotak search yang sudah disediakan.

2. Kemudian akan muncul sebuah tombol baru di bagian atas. Klik tombol berwarna biru, Set up your Akismet account untuk proses registrasi.

Cara Mengatasi Komentar Spam di WordPress

 

3. Untuk dapat menggunakan plugin ini kita harus memasukkan sebuah Api Key. Jika kamu sudah memilikinya, silahkan masukkan pada kolom enter an Api key. Namun jika kamu belum memilikinya silahkan klik tombol Get your API key.

akismet

 

4. Selanjutnya, silahkan klik tombol GET AN AKISMET API KEY.

akismet

 

5. Nah pada bagian ini kamu diharuskan untuk membuat akun akismet terlebih dahulu. Silahkan isi dengan alamat email yang aktif, username, dan password. Lalu klik tombol continue.

akismet

 

6. Akismet tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Silahkan klik tombol pada kolom personal untuk menggunakannya secara gratis.

akismet

 

7. Silahkan buka email yang kamu daftarkan untuk melakukan konfirmasi alamat email. Lalu klik tombol Sigin to Akismet.

akismet

 

8. Pada bagian ini silahkan kamu geser tombol tersebut ke sebelah kiri, sampai menunjukkan angka 0. Lalu klik tombol Create Subscription.

akismet

 

9. Klik Got It, lalu kamu akan mendapatkan API key. Silahkan copy API key tersebut.

akismet

 

10. Pastekan pada kolom enter an API key. Lalu klik Connect with API key.

akismet

11. Selesai, dan sekarang plugin Akismet dapat melindungi website atau blog milikmu dari para spammer.

Perlu diingat bahwa penggunaan plugin tidak serta merta dapat mengatasi spam secara total. Karena para spammer tidak hanya menggunakan komentar sebagai medianya, namun juga mungkin masih ada cara lain yang digunakan oleh spammer.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *