html

Belajar HTML Bagian 2 : Memilih Text Editor

Memilih Text Editor

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai pengertian HTML, kamu bisa membacanya di Belajar HTML Bagian 1 : Pengertian HTML .

Sedikit mengingat kembali, Hypertext Markup Language atau lebih di kenal dengan nama HTML adalah sebuah bahasa markah standar yang digunkan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat ditampilkan di internet. HTML terdiri dari tiga kata yaitu Hypertext, Markup, dan Language.

Untuk membuat (coding) sebuah code HTML dan juga bahasa pemrograman lainnya kamu memerlukan sebuah text editor. Apa itu text editor? Text editor adalah sebuah software yang biasa digunakan oleh seorang programmer untuk menulis atau membuat sebuah baris code program.

Banyak sekali pilihan text editor, mulai dari yang berbayar dan ada juga yang gratis. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada kesempatan ini ngodeinweb akan coba untuk merangkum beberapa text editor yang menurut kami cocok untuk dijadikan text editor pilihanmu. 🙂

1. Notepad ++

Siapa sih yang tak kenal Notepad? Bagi kamu pengguna sistem operasi Windows hampir dipastikan pernah menggunkannya, entah untuk membuat sebuah catatan maupun untuk membuat sebuah script.  Namun yang akan kita bahas kali ini adalah Notepad ++.

notepad++ 

Notepad ++ adalah sebuah text editor yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah code program. Dengan tampilan yang sederhana dan ukuran yang ringan text editor ini sangat cocok untuk kamu yang baru belajar mengenai pemrograman.

Walaupun text editor ini terlihat sederhana namun fitur yang diberikan menurut kami sudah sangat mencukupi, terlebih lagi hanya untuk membuat code-code program sederhana.

Text editor ini bersifat open source jadi kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Saat artikel ini dibuat, versi terbaru dari Notepad++ sudah mencapai versi 7.5.3. Nah jika kamu berminat silahkan download langsung di situs resminya Notepad++.

 

2. Sublime Text

Sublime adalah sebuah text editor yang sangat powerfull. Mungkin agak sedikit berlebihan memang jika menyebutnya powerfull. Ini karena sublime dilengkapi dengan fitur yang melimpah sehingga memudahkan para programmer maupun developer.

memilih text editor

Sublime tersedia dalam dua versi, versi berbayar dan versi gratis. Tentunya dengan perbedaan fitur yang disertakan. Fitur-fitur yang disediakan sublime antara lain dapat membuat kerangka html secara cepat, prediksi syntax, duplicate baris syntax dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang memudahkan pekerjaan para programmer.

Saat artikel ini dibuat, versi terbaru dari Sublime sudah mencapai versi Sublime text 3 . Nah jika kamu berminat silahkan download langsung di situs resminya Sublime.

 

Sebenarnya masih banyak lagi jenis text editor seperti Atom, Komodo Edit, Nano dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah apapun jenis text editor yang kamu pakai, kamu bisa lebih produktif dan dapat memudahkan pekerjaanmu. 🙂

Lanjut ke tutorial Belajar HTML di ngodeinweb bagian 3 : Struktur dasar HTML

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *