cara install wordpress

Cara Install WordPress Offline di Komputer

Cara Install WordPress Offline di Komputer

Pada kesempatan kali ini ngodeinweb akan membahas mengenai cara install wordpress offline di komputer. Mungkin sebagian besar orang sudah familiar dengan wordpress bahkan mungkin sudah menggunakannya, baik untuk keperluan bloging maupun pekerjaan.

Namun apa kamu tau apa itu wordpress?

Tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulas kembali mengenai wordpress. WordPress adalah sebuah software atau aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat blog pribadi maupun website. WordPress di kembangkan oleh Automattic dan bersifat open source.

WordPress sendiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Untuk penjelasannya kita akan membahasnya dilain kesempatan.

 

Baca juga : Apa itu WordPress? Pembahsan Lengkap!

 

Yang akan kita bahas kali ini adalah wordpress self-host (wordpress yang di unduh dari wordpress.org).

Untuk dapat menggunakannya kamu harus menginstallnya di sebuah webserver atau biasa disebut dengan hosting. Untuk memliki sebuah hosting sendiri kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya (menyewa).

Jika kamu hanya ingin mencobanya, kamu bisa menginstallnya secara offline di komputer dan tanpa dipungut biaya sedikitpun. Sebelum menginstall wordpress secara offline kamu memerlukan aplikasi tambahan, yaitu XAMPP.

 

Baca juga : Cara install XAMPP di Windows

 

Langkah-Langkah Install WordPress Secara Offline

Unduh terlebih dahulu aplikasi wordpress di situs resminya yaitu wordpress.org. Saya berasumsi bahwa kamu telah menginstall XAMPP.

Setelah kamu mengunduh wordpress, silahkan ekstrak dan pindahkan folder hasil ekstrak tersebut ke dalam folder installasi XAMPP yaitu ke folder htdocs.

Lokasi folder htdocs ini disesuaikan dengan folder saat kamu menginstall XAMPP. Misal untuk folder installasi XAMPP saya adalah di D:\xampp\htdocs\.

Jika folder hasil ekstrak wordpress sudah dipindahkan, silahkan jalankan aplikasi XAMPP dan klik tombol start pada opsi Apache dan MySQL.

Sebelum menginstall wordpress, kita harus membuat database MySql terlebih dahulu menggunkan PhpMyAdmin.

Silahkan buka web browser kamu dan ketikkan localhost/dasboard/ pada address bar, pilih menu PhpMyAdmin.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel berikut : Cara membuat database MySQL di phpMyAdmin.

 

Sebagai informasi, pada tutorial kali ini saya menggunakan WordPress versi 4.9.1 dan XAMPP versi 7.1.7. Jangan khawatir jika versi WordPress yang kamu miliki berbeda, karena proses installasinya relatif sama.

 

Setelah semua persiapan selesai, silahkan buka kembali web browser kamu atau new tab lalu ketikkan localhost/wordpress/  pada address bar web browser yang kamu gunakan.

Jika muncul pilihan bahasa silahkan untuk memilihnya terlebih dahulu. Di opsi bahasa tersebut juga tersedia bahasa Indonesia, namun agar lebih familiar (universal) silahkan pilih english saja.

Kemudian kamu akan disambut dengan halaman welcome dari wordpress, silahkan untuk membacanya terlebih dahulu.

Di halaman tersebut juga dicantumkan apa saja yang dibutuhkan sebelum proses installasi wordpress. Jika sudah klik let’s go.

install wordpress offline

 

Baca juga : Cara membuat database MySQL di phpMyAdmin.

 

Selanjutnya adalah halaman pengisian database.

install wordpress offline

Yang pertama adalah Database Name, silahkan isi dengan nama database yang telah kamu buat di MySQL menggunakan phpMyAdmin sebelumnya.

Username, silahkan isi dengan username default yaitu root. Kamu juga bisa membuat username baru untuk database di phpMyAdmin.

Password silahkan di kosongkan, jika kamu belum membuatnya sebelumnya.

Untuk Database Host dan Table Prefix biarkan seperti settingan defaultnya. Jika sudah silahkan klik tombol submit.

Jika tidak ada kendala atau masalah pada langkah sebelumnya, maka akan muncul halaman seperti ini. Silahkan klik tombol Run the installation.

install wordpress offline

 

Halaman selanjutnya, silahkan lengkapi dengan insformasi mengenai website yang akan kamu buat.

Site Title, isi dengan nama website yang akan kamu buat secara offline.

Username, ini adalah username yang akan kamu gunakan nanti pada saat login.

Password, silahkan buat password sesuai keinginanmu.

Your Email, karena kita hanya akan menginstall wordpress secara offline alias tidak online, kamu bisa mengarang alamat email ini.

Namun sekali lagi jika website yang akan kamu buat adalah website online maka lebih baik untuk mengisinya dengan alamat email yang asli atau sudah terverifikasi.

install wordpress offline

 

Langkah terakhir adalah login ke dalam dasboard admin wordpress, silahkan klik Log In. Lalu isikan username dan password yang telah kamu buat.

Jika berhasil login maka kamu akan dibawa ke halaman dasboard wordpress yang nantinya kamu gunakan untuk membuat artikel dan lain sebagainya.

Untuk mengakses halaman login wordpress secara offline silahkan ketikkan localhost/wordpress/wp-login.php pada address bar web browser kamu.

Sekian tutorial mengenai cara install wordpress offline di komputer kali ini. Jika ada kendala dalam proses installasi, silahkan menghubungi kami melalui sosial media, comment, maupun email ke [email protected] 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *