Google Developer

Google Developer Kejar 2018, Berkomitmen Mencetak 2.000 Developer Android dan Web

Google Developer Kejar 2018, Berkomitmen Mencetak 2.000 Developer Android dan Web – Google Developer Kejar 2018 adalah program yang diprakarsai oleh google developer yang bertujuan untuk melatih kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi berbasis android dan web apps.

Program google developer kejar 2018 terbagi dalam dua kategori, yaitu pelatihan pengembangan aplikasi berbasis android menggunakan bahasa pemrograman Kotlin serta pelatihan pengembangan aplikasi berbasis web yang diberi nama Google Mobile Web Specialist.

Program ini merupakan sebuah panduan pembelajaran dengan menggunakan materi berbahasa Indonesia / English yang sudah terverifikasi oleh Google Training Patners dengan sistem kegiatan mentoring atau kelompok belajar (kejar).

Peserta Google Developers Kejar 2018 terbagi dalam dua angkatan penerimaan. Yang pertama di bulan Agustus-September 2018 dan yang kedua akan dilaksanakan di bulan Oktober-November 2018.

 

Google Developers Kejar 2018 akan hadir di 10 kota!

Program google developer kejar 2018 akan hadir di 10 kota besar di Indonesia. Antara lain Jabotabek (Jakarta dan sekitarnya), Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Batam, Denpasar (Bali), Manado, Lombok, dan Makasar.

Google Developer Kejar

 

Developer Mobile Berbasis Kotlin

Pelatihan ini akan membimbing developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan Kotlin, bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh Java Developer. Kotlin telah menjadi bahasa kelas satu karena mempercepat proses pengembangan dan meringkas kode hingga 30%.

Peserta program ini akan mempelajari dasar-dasar bahasa Kotlin, penerapan Kotlin dalam Android, Kotlin Android Extensions, Android KTX, Anko, mengambil data dari API, SQLite di dalam Kotlin, Kotlin Coroutines, dan Testing.

Program ini berkerja sama dengan Dicoding sebagai partner untuk program mobile berbasis kotlin.

 

Bagaimana cara menjadi peserta Kotlin on Android di Google Developers Kejar 2018?

1. Memenuhi minimal salah satu persyaratan berikut :

  • Lulusan kelas Menjadi Android Developer Expert atau Associate Android Developer (dibuktikan dengan sertifikat kelulusan).
  • Memiliki aplikasi yang sudah publish di Google Play Store (dibuktikan dengan screenshot play store dashboard).
  • Pernah memenangkan salah satu perlombaan atau kompetisi terkait Android (dibuktikan dengan tautan pengumuman atau sertifikat).
  • Mengikuti program Android Kejar (dibuktikan dengan tautan pengumuman atau sertifikat).
  • Pernah membuat project Android (dibuktikan dengan project atau screenshot dari aplikasi yang dibuat).

2. Ikuti kelompok belajar bersama fasilitator 

  • Peserta terpilih dapat berkonsultasi dan mengikuti sesi konsultasi secara offline yang diinisiasi oleh fasilitator.

3. Selesaikan kelas Kotlin Android Developer Expert 

  • Peserta terpilih akan mendapatkan beasiswa kelas Kotlin Android Developer Expert. Selesaikan dengan nilai tertinggi dan dalam waktu tercepat untuk menjadi peserta terbaik.

4. Menjadi peserta terbaik

  • Peserta terbaik di Google Developers Kejar 2018 akan mendapatkan penghargaan eksklusif dari Google dan berkesempatan menghadiri acara penghargaan.

 

Mobile Web Specialist

Training Mobile Web Specialist ini akan membimbing sekaligus menguji keterampilan dalam mengembangkan aplikasi mobile web.

Kalian akan dipandu untuk menulis kode guna mempelajari dan memahami konsep dan implementasi pengembangan Mobile berbasis Web antara lain dengan mampu membuat aplikasi Off-Line, bekerja dengan Service Worker, memahami cara kerja proses asynchronous, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Pada akhir training kalian akan siap untuk mengikuti Google Certified Mobile Web Specialist, yang akan membedakan kalian dengan pengembang Web lainnya.

Program ini berkerja sama dengan Inixindo sebagai partner untuk program mobile web specialist.

 

Baca Juga : Belajar Pemrograman Web Dasar

 

Bagaimana cara menjadi peserta Mobile Web Specialist di Google Developers Kejar 2018?

1. Memenuhi minimal salah satu persyaratan berikut :

  • Mempunyai portfolio aplikasi berbasis web yang bisa diakses di Internet.
  • Memahami HTML, CSS dan Javascript.
  • Memahami penggunaan Web Tools seperti development tools di Google Chrome, Code Editor, dan Basic Node JS Tools seperti NPM.
  • Pernah mengikuti program Indonesia Android Kejar (dibuktikan dengan tautan pengumuman atau sertifikat).

2. Online Training 

  • Pemaparan materi akan dilakukan melalui video secara online dalam bahasa Inggris. Bagi peserta yang masih menemui kesulitan memahami materi terebut, dapat didiskusikan dan dicari solusinya bersama dengan mentor dan juga team MWS yang akan hadir di kota dimana kalian berada.

3. Kelompok Belajar  

  • Kelompok Belajar terdiri atas grup peserta dilengkapi dengan minimal 1 fasilitator lokal. Diskusi dapat dilakukan per kelompok belajar tersebut.

4. Final Project

  • Kerjakan final project dan raih kesempatan untuk menjadi peserta terbaik di Google Developers Kejar 2018 serta dapatkan penghargaan eksklusif dari Google dan berkesempatan menghadiri acara penghargaan.

5. Sertifikat kelulusan dan Voucher Training

  • Bagi mereka yang berhasil mengikuti program dari awal hingga akhir, akan mendapatkan sertifikat dari Google Developers dan untuk kota Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Makassar, Batam, akan mendapatkan voucher training di Inixindo pada kota tersebut.

 

Jika kamu ingin menjadi peserta dalam program Google Developer Kejar 2018, kamu dapat mengunjungi link berikut saya ingin menjadi peserta.

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *