database mysql

Cara Membuat DataBase MySQL di phpMyAdmin

Cara Membuat DataBase MySQL di phpMyAdmin

 

Kali ini ngodeinweb akan membahas tentang bagaimana cara membuat database MySQL di phpMyAdmin secara offline. Kita akan menggunakan aplikasi XAMPP, karena di dalam XAMPP sudah terbundle aplikasi webserver Apache, MySQL Database dan tentunya phpMyAdmin. Sehingga kita tidak harus menginstallnya satu persatu.

Karena dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan XAMPP, jadi pastikan kamu sudah menginstall XAMPP di komputermu. Jika belum, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di artikel berikut: Cara Install XAMPP di Windows.

Silahkan jalankan aplikasi XAMPP, dan klik tombol start pada opsi webserver Apache dan MySQL.

Kemudian silahkan buka web browser, kamu bisa menggunakan web browser apapun namun saya menyarankan agar menggunakan web browser modern, seperti Mozilla Firefox maupun Google Chrome.

Sebagai informasi, dalam tutorial kali ini saya menggunakan XAMPP versi 7.1.7.

Setelah jendela web browser terbuka, silahkan ketikkan localhost/dasboard/ pada address bar. Kurang lebih akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut:

cara install xampp

 

Jangan khawatir jika tampilan dasboard XAMPP pada web browsermu berbeda, ini dikarenakan perbedaan versi XAMPP yang terinstall. Namun caranya relatif sama.

Baca juga : Cara install XAMPP di Windows

 

Silahkan klik menu phpMyAdmin  pada bagian pojok kanan atas dasboard XAMPP. Kamu akan langsung di arahkan ke aplikasi phpMyAdmin.

phpmyadmin

 

Untuk membuat database baru caranya cukup mudah. Pilih New, lalu akan muncul kotak isian database.

Silahkan beri nama database sesuai keinginanmu, namun dalam tutorial kali ini saya akan memberi nama database dengan nama websiteku.

Untuk tipe penyortirannya silahkan pilih utf_8 general ci. Lalu klik tombol buat (create) untuk memproses pembuatan database baru.

phpmyadmin

Lalu cek dibagian database atau basis data, untuk melihat database yang baru saja kamu buat.

Dengan aplikasi phpMyAdmin kamu juga dapat menambahkan tabel baru ke dalam database, manambahkan query, pengaturan user, dan lain sebaginya. Fungsi-fungsi tersebut akan kita pelajari dilain kesempatan.

Pembuatan database ini juga berguna jika kamu berencana ingin menginstall wordpress secara offiline. Karena wordpress membutuhkan database sebagai tempat penyimpanan data.

Sekian tutorial cara membuat database MySQL di phpMyAdmin kali ini. Jika ada pertanyaan terkait tutorial kali ini, silahkan untuk menghubungi kami melalui sosial media, comment, atau email ke [email protected] 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *