bing-webmaster

Gampang! Cara Daftar dan Verifikasi Situs di Bing Webmaster

Cara Daftar dan Verifikasi Situs di Bing Webmaster – Bing merupakan search engine yang dimiliki oleh Microsoft dan yang paling banyak digunakan setelah Google.

Sama halnya dengan Google yang memiliki Google Webmaster ( sekarang Google Search Console), Bing juga memiliki layanan serupa yaitu Bing Webmaster.

Kedua layanan tersebut digunakan agar situs yang kita miliki dapat terindex di search engine. Sia-sia bukan jika situs yang kita bangun dengan susah payah, namun tidak terindex oleh mesin pencari yang dapat berakibat pada traffic situs.

Nah pada kesempatan kali ini ngodeinweb akan memberikan panduan mengenai cara daftar dan verifikasi situs di Bing webmaster.

Mengapa harus mendaftar di Bing webmaster?

Bing webmaster merupakan sebuah tools yang berfungsi agar situs yang kamu miliki dapat tampil di hasil pencarian Bing. Hal ini dapat di manfaatkan, agar semakin banyak pengunjung yang datang ke situs milikmu.

 

Baca juga : Apa Itu WordPress? Pembahasan Lengkap

 

Langkah – langkah mendaftar dan verifikasi situs di Bing webmaster

Apa saja yang dibutuhkan?

  • Akun Microsoft
  • Akses ke dashboard admin

Catatan! Agar lebih mudah dalam proses verifikasi, dalam panduan kali ini ngodeinweb memanfaatkan Yoast SEO sebagai tools untuk verifikasi.

Langkah – langkah:

1. Untuk mendaftar di Bing webmaster silahkan kunjungi situs resminya atau kamu bisa melalui tautan berikut, Bing Webmaster.

2. Login terlebih dahulu menggunakan akun Microsoft. Jika belum punya silahkan membuatnya terlebih dahulu.

3. Setelah itu, kamu harus melengkapi informasi berkaitan dengan situs yang akan kamu daftarkan. Silahkan masukkan URL situs milikmu. Kemudian klik tombol ADD.

bing-webmaster

 

4. Masukkan URL Sitemap situs milikmu. Untuk bagian “When do you receive the most . . “, silahkan pilih All day.

bing-webmaster

 

5. Lalu untuk bagian About Me, silahkan lengkapi dengan informasi yang ada. Bagian yang bertanda bintang ( * ) merupakan bagian yang wajib di isi.

bing-webmaster

 

6. Di bagian Contact Preference , centang bagian “Yes, I would like to receive . . .“. Untuk berapa sering laporan mengenai situs, silahkan sesuaikan apakah kamu ingin menerimanya secara harian (daily), mingguan (weekly) maupun bulanan (monthly).

Kemudian centang semua di bagian Alert Preference. Jika sudah klik tombol Save.

bing-webmaster

 

7. Langkah selanjutnya adalah verifikasi situs. Ada tiga cara verifikasi yang disediakan oleh Bing, namun kita akan menggunakan cara nomor dua (option 2). Silahkan copy atau salin kode yang berada di tag <meta>.

bing-webmaster

 

8. Kemudian silahkan buka tab baru, dan login ke dashboard situs wordpress milikmu.

Lalu pilih menu SEO > Dashboard > Webmaster tools.

Pastekan kode yang sudah kamu salin ke bagain Bing webmaster tools, dan klik tombol save change.

bing-webmaster

Cara Daftar dan Verifikasi Situs di Bing Webmaster

 

9. Sekarang kembali lagi ke halaman Bing webmaster, lalu klik tombol Verify.

bing-webmaster

Selesai, situs milikmu sekarang sudah terdaftar di Bing webmaster. Namun hal ini tidak menjamin situs milikmu akan tampil di nomor satu hasil pencarian Bing.

Tentunya dibutuhkan usaha dan konsisten, agar situs milikmu semakin berkualitas dan muncul di daftar teratas hasil pencarian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *