wordpress

Apa Itu WordPress? Pembahasan Lengkap!

Apa Itu WordPress? Pembahasan Lengkap! – Sebagian orang mungkin masih memiliki pertanyaan demikian, apalagi yang sama sekali belum mengenal dunia blogging. Nah dalam postingan kali ini ngodeinweb akan mencoba mengulas sedikit mengenai wordpress.

WordPress adalah sebuah aplikasi atau software berbasis web, yang biasa digunakan untuk membuat blog pribadi maupun website. WordPress saat ini di kembangkan oleh perusahaan Automattic dan bersifat open source.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Mengapa demikian? Karena WordPress mudah digunakan dan salah satu kelebihan utama dari WordPress adalah tersedianya banyak plugin (tools tambahan), yang dapat kamu tambahkan ke dalam blog maupun website yang kamu buat.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai wordpress, barangkali ada yang belum mengetahui tentang CMS.

 

Sekilas tentang CMS

CMS (Content Management System) adalah sebuah software berbasis web yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengatur, menambahkan, memodifikasi, maupun menghapus isi dari sebuah blog maupun website.

Dengan menggunakan CMS, kamu tidak perlu lagi ngoding (menulis code program) untuk setiap artikel yang akan kamu buat.

Ada berbagai macam CMS seperti Joomla, Drupal, Opencart, Prestashop, Moodle, dan yang paling populer adalah WordPress. Dalam penggunaannya, disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis website yang akan kamu buat.

 

Perkembangan WordPress

WordPress pada awalnya merupakan ide dari Matt Mullenweg, Ide itu muncul saat b2/cafelog tidak lagi beroperasi. Karena alasan itulah Matt Mullenweg dan Mike Little memutuskan untuk membuat platfrom blogging  serupa denganb2/cafelog yang kemudian diberi nama WordPress. Versi terbaru dari WordPress kini sudah mencapai versi 4.9.1.

WordPress sendiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu wordpress.org dan wordpress.com.

 

Apa perbedaannya?

WordPress yang diunduh dari wordpress.org adalah jenis wordpress yang di install secara self-host (di install pada web server). Untuk dapat menggunakan wordpress jenis ini kamu harus memiliki web server dan domain terlebih dahulu.

wordpress org

Saat ini banyak penyedia jasa layanan web server (hosting) dan domain (DNS) seperti Niagahoster, Hostinger, Dewaweb, Jagoweb dan lain sebagainnya. Namun tentunya kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk menyewanya.

 

Baca Juga : Trik Menyembunyikan Login Page WordPress

 

Kelebihan utama dari wordpress jenis ini adalah kamu bebas mengatur isi dari website yang kamu buat, belum lagi dukungan theme, plugin dan komunitas yang luas. Sehingga dapat memaksimalkan dan memudahkan dalam mengembangkan website yang kamu buat.

 

wordpress com

Lalu yang kedua adalah wordpress.com. Untuk dapat menggunakan wordpress jenis ini, kamu tidak perlu memiliki web server. Kamu tinggal mendaftar di wordpress.com dan seketika website yang kamu buat akan langsung online tanpa perlu konfigurasi yang rumit.

Di wordpress.com pun kamu bisa membuat website maupun blog dengan gratis, namun tentunya dengan batasan fitur yang diberikan. Ibarat sebuah rumah, kamu hanya numpang di rumah tersebut dan tidak memiliki akses penuh.

 

Lalu mana yang harus saya pilih?

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya atau hanya sekedar untuk blog pribadi, kamu bisa menggunakan wordpress.com. Tentunya dengan batasan fitur yang tersedia, serta kamu harus rela nama domain kamu ditambahi.

Misal jika kamu ingin membuat sebuah website atau blog dengan nama jurnal lalu kamu membuatnya di wordpress.com, maka nantinya alamat atau domain websitemu akan menjadi jurnal.wordpress.com.

Namun jika kamu ingin lebih serius mengembangkan website atau blog, kamu bisa mencoba wordpress self-host (wordpress yang di unduh dari wordpress.org). Contohnya seperti situs ngodeinweb.com ini, yang dibangun menggunakan wordpress self-host.

Tentunya dengan sedikit mengeluarkan biaya untuk menyewa web server dan membeli domain. Biaya yang kamu keluarkan akan sebanding dengan fitur-fitur yang akan kamu dapatkan.

 

Baca juga : Cara Install WordPress Offline di Komputer

 

Sekian tutorial mengenai apa itu wordpress kali ini. Jika ada pertanyaan maupun saran, silahkan menghubungi kami melalui sosial media, comment, maupun email ke [email protected] 🙂

 

2 thoughts to “Apa Itu WordPress? Pembahasan Lengkap!”

  1. Saya belum lama ini migrasi dari blogspot ke wordpress. Memang kenyataannya banyak fitur yang ada di wordpress tapi tidak tersedia di blogger. Setelah saya analisa, banyak kelebihan yang dimiliki wordpress. Maka tidak heran kalau banyak website besar yang sukses dengan menggunakan wordpress. Salam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *