progressive web apps

Mengenal Teknologi : Apa Itu Progressive Web Apps (PWA)

Mengenal Teknologi : Apa Itu Progressive Web Apps (PWA) – Teknologi berbasis web saat ini kian berkembang pesat dan kebutuhan akan teknologi tersebut pun semakin meningkat. Berdasarkan data yang di peroleh dari hasil survey Statista pada oktober 2018 saja pengguna internet sudah mencapai kurang lebih 4.2 billion atau sekitar 4,2 miliar orang.

progressive web apps

 

Dengan jumlah pengguna yang banyak tersebut, maka harus diimbangi dengan teknologi web yang semakin mumpuni pula. Salah satu teknologi web yang sedang trend saat ini adalah Progressive Web Apps (PWA) . Apa itu progressive web apps?

Nah sebelum kita mengenal lebih dalam mengenai PWA, silahkan simak video berikut.



Pengertian Progressive Web Apps (PWA)

Dari video tersebut dapat di pahami bahwa Progressive Web Apps adalah sebuah teknologi berbasis web namun dapat dijalankan layaknya aplikasi native (di smartphone). Ini merupakan solusi bagi aplikasi native yang terkadang membutuhkan space yang besar. Keunggulan lain selain ukurannya yang sangat ringan adalah PWA bisa dijalankan secara offline atau saat koneksi buruk sekalipun, mengirimkan notifikasi, bahkan menggunakan animasi yang smooth layaknya aplikasi native.

Aplikasinya pun tidak perlu diinstall, cukup dengan membuat shorcut (fitur add to home screen) di smartphone.

Ciri – Ciri PWA

1. Instan Loading

Teknologi yang mampu membuat PWA bisa digunakan secara offline bahkan pada koneksi internet yang buruk adalah service worker. Teknologi service worker memiliki mekanisme untuk mengontrol asset atau file yang akan di cache serta menyediakan custom permintaan ke jaringan sehingga dapat memberikan pengalaman akses secara offline bagi pengguna.

apa itu progressive web apps

 

Cara kerja service worker adalah dengan bertindak sebagai jembatan atau semacam proxy antara web browser dan server. Service worker sebagai penentu tindakan apakah akan mengambil file dari server atau mengambil dari cache. Jika koneksi internet buruk atau dalam keadaan offline, service worker akan mengambil file dari cache browser. Sehingga aplikasi dapat berjalan walaupun tanpa koneksi internet.

 

2. Add to Home Screen

Fitur ini digunakan untuk membuat shorcut website ke layar smartphone sehingga memiliki tampilan layaknya aplikasi biasa, namun sebenarnya adalah sebuah website. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuka kembali aplikasi web tanpa harus mengakses URL-nya melalui web browser.

apa itu progressive web apps

3. Notifikasi

Website yang sudah menerapkan teknologi PWA juga dapat mengirimkan dan menampilkan notifikasi layaknya aplikasi native. Yang menjadi kendala saat ini adalah setiap browser memiliki API notifikasi yang berbeda-beda, hal ini membuat developer web harus membuat ulang untuk setiap browser.

 

4. Fast (Cepat)

Website yang sudah menerapkan teknologi PWA biasanya cenderung lebih cepat saat dimuat. Karena beberapa asset atau file sudah disimpan di dalam penyimpanan web browser. Teknik menyimpan file di dalam browser biasanya di sebut sebagai caching.

Cache sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan dimana browser menggunakan kembali data dari permintaan sebelumnya dengan tujuan mempercepat permintaan di waktu yang akan datang. Cara kerja cache sendiri adalah dengan cara menyimpan file-file web dari server ke penyimpanan lokal web browser.

 

5. Secure (Aman)

Untuk dapat menggunakan service worker web haruslah sudah menggunakan protokol HTTPS. HTTPS akan menyandikan atau mengenkripsi data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Jadi data diantara server web dan pengguna akan lebih aman. Jika tidak terproteksi penyusup bisa saja mengambil data komunikasi antara web kamu dengan browser pengguna.

 

6. Responsive

Tentu saja semua website yang ada saat ini haruslah memiliki fitur responsive. Responsive dapat diartikan sebagai kemampuan website untuk menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran device (ukuran layar) pengguna.

 

Baca Juga : Cara Membuat Website Menjadi Responsive

 

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa webiste yang mulai menerapkan teknologi progressive web apps, antara lain Babe, Kaskus, dan JalanTikus. Jika kamu tertarik lebih dalam mengenai PWA, saya sudah menyediakan demo aplikasi berbasis teknologi PWA di link berikut demo pwa.

 

Sumber :

Chromplex

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *