tutorial-php-dasar-ngodeinweb

Apa Itu PHP? – Tutorial Belajar PHP Dasar Bagian 1 Ngodeinweb

Apa itu PHP? Dalam tutorial belajar PHP dasar yang pertama ini kita akan mengenal apa itu php ( pengertian ), dan fungsi PHP dalam pemrograman web.

 

Apa itu PHP?

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor (PHP : Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrograman web disisi server atau dikenal juga dengan server – side scripting.

PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page yang kala itu lebih banyak digunakan untuk membuat situs pribadi. Namun setelah Rasmus Lerdorf merilis kode PHP ke publik, lambat laun PHP menjadi bahasa yang populer dan banyak digunakan oleh programer web.

Bahkan PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman server – side yang paling populer. Menurut survei yang dilakukan oleh w3techs , sebanyak 79% mayoritas website di dunia menjadikan PHP sebagai bahasa disisi server. Angka ini mengungguli ASP .NET yang berada diurutan kedua setelah PHP.

apa itu php
Diakses pada tanggal 4 oktober 2018 10:54 wib

 

Karena kepopuleran dan kemudahan PHP menjadikannya sebagai salah satu bahasa yang wajib dikuasai oleh web programer terutama disisi back-end atau server. PHP tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, namun juga digunakan untk membuat halaman web yang kompleks.

Bahkan PHP juga dijadikan sebagai bahasa untuk membuat CMS (Content Management System) seperti WordPress, Jomla, Drupal, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Apa itu WordPress?

 

PHP dapat digunakan secara gratis dan bersifat open source.

 

Fungsi PHP (Hypertext Preprocessor)

Setelah mengenal apa itu php, tak lengkap rasanya jika tidak  mengetahui fungsi atau kegunaan dari bahasa pemrograman PHP.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tutorial, bahwa PHP banyak digunakan untuk membuat halaman web disisi server. Sebenarnya dengan HTML, CSS, dan JavaScript pun anda sudah dapat membuat sebuah halaman web yang kemudian disebut sebagai halaman web statis.

Namun untuk membuat sebuah halaman web yang kompleks anda membutuhkan bahasa pemrograman disisi server (server-side scripting). Disinilah PHP dibutuhkan agar web menjadi dinamis.

Banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan PHP, seperti untuk memproses sebuah inputan form, validasi, dan lain sebagainya.

Fungsi serta kegunaan PHP inilah yang akan kita bahas di sepanjang Tutorial Belajar PHP Dasar di ngodeinweb.

 

Pada tutorial kali ini kita sudah mengenal apa itu php berserta fungsi dan kegunaannya, lanjut ke tutorial belajar php dasar bagian 2 Sejarah Perkembangan PHP.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *